Tuesday, July 8, 2014

TUGAS III: HSBC HEAD QUARTERS


Hongkong memiliki lokasi prima di pusat geografis dan ekonomi di Asia. Terletak di pantai tenggara Cina Daratan, Hongkong adalah pasar terbesar yang merupakan pusat perekonomian ketiga di dunia. Sistem perekonomian di Hongkong menerapkan demokrasi-kapitalis dengan mata uang Dolar Hong Kong yang merupakan mata uang ke-9 yang paling banyak digunakan di dunia. Pusat perekonomian Hongkong sendiri dikendalikan oleh Hongkong and Shanghai Banking Corporation) atau yang biasa dikenal dengan HSBC. 


Statue Square 
Statue Square adalah area pejalan kaki untuk umum berbentuk persegi di Central, Hong Kong. Statue Square dibangun pada tanah reklamasi pada akhir abad 19, dan terdiri dari dua bagian yang terpisah oleh Charter Road ke arah utara dan selatan. Statue Square ini berbatasan dengan Connaught Road Central di utara dan Des Voeux Central di selatan.
Nama Statue Square sendiri berasal dari The Statues, patung-patung di dalamnya, yang kebanyakan merupakan patung Keluarga Kerajaan Inggris, yang berada di Statue Square selama pendudukan Jepang di Hong Kong pada Perang Dunia II. Sampai hari ini, satu – satunya patung yang terdapat di Statue Square adalah patung Sir Thomas Jackson, Baronet pertama, banker HSBC terdahulu. Patung ini diresmikan pada tanggal 24 Februari 1906 oleh Gubernur Sir Matthew Nathan.
FENGSHUI

Biodata
Hongkong Bank merupakan gedung utama dari HSBC yang difungsikan sebagai pusat bisnis di kota Hongkong. Hongkong Bank dibangun pada tahun 1983 sampai 1985 dengan menghabiskan biaya sekitar US $ 780.000.000. Bangunan yang memiliki tinggi 178.8 meter dan luas 99.000 m2 ini, dirancang oleh Arsitek Inggris,  Lord Norman Foster dengan Wimpey internasional sebagai kontraktor utamanya. 

HSBC Main Building
香港上海滙豐銀行總行大廈
HK HSBC Main Building 2008.jpg
HSBC Main Building in June 2008
General information
Status
Complete
Type
Commercial offices
Architectural style
Location
1 Queen's Road Central
Central, Hong Kong
Construction started
1983
Completed
1985
Cost
US$780 million
Height
Roof
178.8 m (586.6 ft)
Technical details
Floor count
44
Floor area
99,000 m2(1,065,627 sq ft)
Lifts/elevators
28
Design and construction
Architect
Structural engineer
Ove Arup & Partners
Cleveland Bridge Ltd.
Quantity surveyor
WT Partnership
Main contractor


Lokasi dan Pencapaian
Hongkong Bank berlokasi di Queen’s Road Central number 1, Hongkong Island. Pada bagian timur Hongkong Bank terdapat The Old Supreme Court Building, sementara pada bagian utaranya, terdapat The Star Ferry Terminal.

Hongkong Bank dapat dicapai dengan menggunakan berbagai macam kendaraan, seperti bus, trem, MTR (Mass Transit Railway), taksi dan kendaraan pribadi. Pengguna MTR dapat turun di stasiun MTR pusat dan keluar dari pintu K, kemudian mencapai Statue Square yang berada di depan Hongkong Bank. Jalan Des Voeux Central yang berada di utara bangunan, dilalui oleh bus dan trem. Sementara, pengguna kendaraan pribadi dapat melalui Battery Path yang berada di selatan bangunan, yang juga dilalui oleh bus dan taksi.  

Sculpture
Pada pintu utama Hongkong Bank terdapat dua singa perunggu yang dikenal sebagai Stephen dan Stitt. Nama Stitt berasal dari Gordon H Stitt yang merupakan Manajer Shanghai, sedangkan patung singa yang mengaum adalah Stephen, berasal dari Alexander Gordon Stephen yang merupakan Kepala Manajer HSBC. Stephen memiliki bekas luka di tubuh bagian belakang, yang berasal dari pertempuran Hongkong di masa lampau. 

Struktur dan Langgam
Hongkong Bank menganut gaya modern dan ekspresionisme struktural dengan menampilkan warna dominan abu-abu muda, untuk mengangkat image high – tech architecture. High – tech architecture merupakan langgam arsitektur yang mengekspose teknologi, struktur dan utilitas sehingga menjadi elemen yang menarik dan memberi kesan futuristik. 

Bangunan ini/seluruhnya dibuat dari baja struktural tanpa beton bertulang pada core-nya. Struktur Hongkong Bank mirip dengan struktur jembatan, yaitu lantai digantung pada tiang penopang yang berbentuk seperti chevron dan disokong oleh delapan tiang yang menjulang setinggi bangunan.

Utilitas
Bangunan ini dipasang dengan 716 unit lampu dimana terdapat 450 macam lampu pijar warna yang berubah-ubah pada ruang tangga dari kaca, dengan 200 macam lampu di setiap lantainya, 8 lampu sorot dan lebih dari 1 km lampu LED yang menyinari langit pada malam hari. 

Interior
Hongkong Bank menampilkan warna dominan abu-abu muda untuk  mononjolkan kokohnya struktur bangunan ini. Bangunan ini/menggunakan lima desain modul baja prefabrikasi yang diproduksi di Inggris. Total berat keseluruhan modul baja tersebut mencapai 30.000 ton baja untuk struktur utama maupun pendukung dan 4.500 ton bahan aluminium/yang digunakan sebagai penutup dari struktur baja. 

Fengshui
Menurut ahli fengshui, bentuk simetris Hongkong Bank ini berpengaruh pada kestabilan perekonomian. Desain fasad berupa anak panah yang mengarah ke atas melambangkan perkembangan dan perluasan. Setiap lantai berorientasi melingkar ke atrium di mana terdapat tanaman hijau yang mengimbangi tiang baja abu-abu,  melambangkan keseimbangan antara Yin dan Yang. Bangunan yang menghadap langsung ke air, diyakini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, seperti gedung HSBC yang memiliki area terbuka lebar di depannya, dengan tidak ada bangunan lain yang menghalangi pandangannya dari Victoria Harbour.

No comments:

Post a Comment