Tuesday, July 8, 2014

HSBC HEADQUARTERS

THE HONGKONG BANK HEADQUARTERS

The Hong Kong Bank Headquarters merupakan suatu bangunan yang berfungsi sebagai pusat bisnis. Lahan tersebut telah digunakan sebagai bangunan untuk bank semenjak abad pertengahan 19. Dimana pada masa itu, merupakan bangunan tertinggi dan bangunan yang beraliran high – tech architecture di Asia.
High – tech architecture itu sendiri merupakan langgam arsitektur dengan mengekspose teknologi , struktur, utilitas sehingga menjadi elemen yang menarik dan memberi kesan futuristik.
Ciri – ciri dari high – tech architecture adalah sebagai berikut :
  • Teknologi yang digunakan lebih maju atau canggih dibandingkan dengan arsitektur sebelumnya atau pada masanya.
  • Warna menjadi bagian yang penting dalam high – tech architecture karena warna digunakan untuk elemen-elemen yang penting dalam bangunan.
  • The Hongkong Bank Headquarters merupakan salah satu desain bangunan yang mewah untuk high – tech architecture. Dimana memberi image kekuatan dengan penggunaan lantai yang memiliki ketinggian yang tidak sama.
Pada bagian sebelah timur bangunan terdapat The Old Supreme Court Building ( yang mana sekarang menjadi gedung parlemen di Hong Kong ).
Sedangkan pada bagian sebelah utara terdapat The Star Ferry Terminal.
The Hong Kong Bank terdiri dari :
  • Hall utama
  • Retail – retail bank
  • Departemen keuangan yang melayani administrasi lokal yaitu wilayah Hong Kong maupun lingkup dunia
  • Tempat penukaran mata uang
  • Pusat komputer
  • Fasilitas pendukung lainnya
Bangunan ini tidak sama dengan bangunan modern yang ada di Hongkong maupun negara berkembang lainnya dimana biasanya menggunakan struktur rangka beton dan struktur dinding dengan bukaan berupa kaca. Akan tetapi, ide, bentuk, struktur, material dan metode konstruksi yang digunakan pada desain bangunan tersebut semuanya sangatlah unik. Keseluruhan dari bentuk bangunan bukan hanya tower yang b
Berbentuk empat persegi panjang maupun lingkaran yang cenderung sederhana seperti kebanyakan bangunan tinggi lainnya. Akan tetapi, di dalamnya terdapat bentuk – bentuk yang lebih kompleks, dibuat dengan 3 sudut pandang yang berbeda secara visual.
Desain arsitektur bangunan ini memperlihatkan refleksi dari fungsi bank itu sendiri dan mencerminkan bahwa HongKong sebagai pusat perekonomian terbesar ketiga di dunia. Untuk itu tidak mengherankan jika bangunan di desain dengan tuntutan fungsi dan teknik yang cukup rumit.
Salah satu ciri – ciri yang paling menonjol dari bangunan tersebut adalah struktur baja yang diekspose dimana terbagi dalam 5 zone vertikal. Menggunakan sistem struktur yang sama dengan konstruksi jembatan. Masing-masing zone terbuat dari tumpukan baja dan lantai beton yang tergantung pada baja tersebut.
Terdapat beberapa bagian didukung oleh 2 tiang baja dan adanya penahan serangan dari angin pada masing-masing zone.
Susunan struktur dari bangunan tersebut membutuhkan core sebagai pusat. Dimana didalamnya, masing – masing lantai dilengkapi dengan lubang udara yang terletak di antara 2 tiang. Pelayanan distribusi AC dan listrik diletakkan di bagian bawah lantai yaitu tergantung di bawah langit – langit. Sedangkan untuk saluran telepon, komputer, kabel listrik dan AC ditampung pada tiap – tiap panel lantai yang mana terbuat dari bahan aluminium. Konstruksi dari panel – panel tersebut dibawa dari industri teknologi pesawat terbang.
Bangunan The HSBC Hong Kong Headquarters merupakan salah satu dari bangunan yang berpartisipasi dalam menunjukkan tampilan tersebut untuk menarik para wisatawan.
Bangunan tersebut telah dipasang dengan 716 unit lampu yang terang, didalmnya terdapat 450 macam lampu pijar warna yang dapat berubah-ubah pada ruangan tempat tangga dimana terbuat dari kaca, 200 macam di setiap lantainya, 8 lampu sorot dan lebih dari 1 km lampu LED menyinari langit malam hari.
Pemasangan lampu – lampu tersebut telah selesai pada pertengahan Desember, dengan estimasi biaya pemasangan sebesar 5,5 dolar milyar Hongkong.

SUMBER: http://prestylarasati.wordpress.com/2008/04/25/the-hongkong-bank-headquarters/

No comments:

Post a Comment