Tuesday, July 8, 2014

TUGAS I: PENDAHULUAN

PENDAHULUAN

Tingginya perkembangan arsitektur membuat dunia pendidikan khususnya arsitektur berupaya mengimbangi dengan melakukan berbagai kegiatan dan inovasi, salah satu kegiatan itu adalah memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang desain arsitektur di luar Indonesia melalui kegiatan Studi Ekskursi atau disebut juga Kuliah Kerja Arsitektur (KKA).


Hong Kong – Shenzhen menjadi tujuan Kuliah Kerja Arsitektur karena kota ini merupakan world class citydengan kualitas lingkungan (built environment) yang baik dari segi fungsional maupun estetika. Perencanaan kota yang baik di kota tersebut mengikuti prinsip pembangunan yang berkelanjutan dan menjamin tersedianya lingkungan hidup yang berkualitas, perkembangan fasilitas ekonomi yang baik, serta meningkatkan kesehatan, keselamatan, kenyamanan dan kesejahteraan masyarakatnya.


Obyek pengamatan yang menjadi focus Kuliah Kerja Arsitektur ini adalah pada arsitektur dan urban design. Tema yang diangkat adalah “URBAN PUBLIC PLACES IN CITY DEVELOPMENT”. Tema ini didasarkan pada studi “Urban Design Guidelines for Hong Kong” oleh Departemen Perencaan Hong Kong pada tahun 2001-2003 di mana Hong Kong merumuskan urban design attributes kepada tiga level, yaitu makro, messo dan mikro.

No comments:

Post a Comment