Tuesday, June 9, 2015

Gedung Tinggi, Bekasi IV

BAB IV
USULAN PELESTARIAN

A. Kesimpulan

Bangunan Gedung Tinggi di Bekasi ini sangat perlu direvitalisasi agar kepunahan bangunan cagar budaya di kota Bekasi tidak terus berlanjut, sehingga generasi yang akan datang tetap bisa menyaksikan bukti perjuangan bangsa ini mengusir para penjajah.

B. Usulan Pelestarian

Dilihat dari kondisi eksisting dari bangunan Gedung Tinggi ini, sebenarnya banyak sekali usulan yang dapat diajukan. Namun, mengingat bangunan ini merupakan salah satu bangunan cagar budaya, maka penanganannya perlu sangat diperhatikan. berikut beberapa usulan yang diajukan guna menghidupkan kembali aktivitas manusia serta fungsi gedung yang semakin mati:


  • Perlu dilakukan revitalisasi atau menghidupkan kembali fungsi dari bangunan Gedung Tinggi ini. Salah satu caranya yaitu dengan mengalihfungsikan bangunan ini. Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dapat diwadahi oleh bangunan ini, diantaranya seperti dijadikan Museum atau perpustakaan, bangunan pemerintahan, dijadikan pusat transportasi antar kota seperti terminal dan lain sebagainya.
  • Dilakukan peremajaan dibagian interior bangunan yang sudah sangat tidak terawat. Hal ini dapat menjaga bangunan untuk dapat berdiri lebih kokoh dalam jangaka waktu yang lebih lama.
  • Pengawasan dari semua pihak baik dari pengelola bangunan dan pengunjung harus maksimal agar keberadaan bangunan ini dapat dipertahankan dalam jangka waktu panjang agar Indonesia bangga mempunyai bangunan-bangunan sejarah yang selalu dilestarikan dengan baik.

No comments:

Post a Comment